Pages

Selasa, 20 Oktober 2015

Sikap Siswa Terhadap Matematika

A.      Variabel Penelitian : Sikap Siswa Terhadap Matematika
B.      Kajian Pustaka
1.       Pengertian Sikap Terhadap Matematika
Yara (2009) mengartikan sikap sebagai konsep yang memperhatikan cara seorang individu berpikir, bertindak, dan bertingkah laku. Dalam hal ini, sikap berkaitan dengan pikiran, tindakan, dan tingkah laku. Sikap dibentuk dari pengalaman belajar dan situasi pembelajaran.
Menurut McLeod (Galbraith dan Haines, 1998), sikap merupakan refleksi dari reaksi emosional, kepercayaan terhadap suatu objek, atau perilaku suatu objek.
Menurut Allport (Kulm, 1980), sikap adalah kesiapan mental dan saraf berdasarkan pengalaman yang mempengaruhi respon seseorang terhadap semua objek dan situasi yang saling berhubungan.
Menurut Rokeach (Kulm, 1980), sikap merupakan sebuah pengorganisasian dari beberapa keyakinan yang terfokus pada objek atau situasi yang spesifik yang berpengaruh dalam merespon beberapa bentuk tindakan.
Menurut Kulm (1980), sikap merupakan perilaku afektif yang terdiri dari lima level, yaitu: (1) receiving, yang mana siswa mulai memperhatikan suatu fenomena, (2) responding, siswa mulai merasakan kehadiran fenomena tersebut, (3) valuing, siswa mulai berinteraksi dengan fenomena, (4) organization, siswa mulai mengkonsep perilaku dan perasaan tentang fenomena, dan (5) characterization, siswa mengembangkan sebuah filosofi yang konsisten tentang fenomena tersebut.
Zan dan Martino (Akinsola dan Olowojaiye, 2008) menyatakan bahwa pada dasarnya sikap terhadap matematika adalah perasaan emosional positif atau negatif terhadap matematika. Menurut Hart (Akinsola dan Olowojaiye, 2008), sikap terhadap matematika  adalah emosi yang berhubungan dengan matematika, keyakinan matematika, meliputi sikap positif dan negatif, dan tingkah laku terhadap matematika.
Hannula (Curtis, 2006) mendefinisikan sikap terhadap matematika sebagai sifat emosional terhadap matematika yang memiliki empat komponen yaitu :
a.       Emosi pengalaman siswa selama kegiatan matematika;
b.      Emosi yang terbentuk secara otomatis dalam konsep matematika;
c.       Evaluasi tentang situasi yang dialami siswa sebagai akibat dari melakukan kegiatan matematika;
d.      Nilai matematika yang berhubungan dengan tujuan siswa secara umum.

Berdasarkan pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa sikap terhadap matematika adalah perasaan emosional positif atau negatif yang berkaitan dengan pikiran, tindakan, perilaku, dan keyakinan siswa terhadap matematika.

2.       Faktor yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Matematika
Tapia dan Marsh (Curtis, 2006), menyatakan bahwa ada lima faktor yang mempengaruhi sikap siswa terhadap matematika, yaitu:
a.       Kepercayaan, yaitu keyakinan siswa atas kemampuannya dalam matematika;
b.      Kekhawatiran, yaitu perasaan khawatir siswa akan matematika;
c.       Nilai, yaitu keyakinan siswa akan kegunaan, relevansi, dan keberhargaan matematika dalam kehidupan pribadi siswa dan kehidupan profesional mereka di masa depan;
d.      Kesenangan, yaitu perasaan nyaman siswa dalam belajar matematika dan terlibat dalam kelas matematika;
e.      Motivasi, yaitu keinginan dan minat siswa untuk belajar matematika.

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa sikap terhadap matematika dipengaruhi oleh faktor kepercayaan, kekhawatiran, nilai, kesenagan, dan motivasi. Selanjutnya kelima faktor ini akan penulis gunakan sebagai indikator penilaian sikap siswa terhadap matematika.

C.      Definisi Variabel Penelitian
Sikap terhadap matematika adalah respon emosional yang bersifat positif atau negatif terhadap matematika yang ditentukan oleh aspek kepercayaan, kekhawatiran, nilai, kesenangan, dan motivasi. Respon tersebut terwujud dalam pikiran, tindakan, dan perilaku terhadap matematika.
  
D.      Kerangka Berpikir

3 komentar:

  1. Variabel ada klasifikasinya dan itu menjadi salah satu hal penting yang harus diketahui oleh peneliti sehinggi menurut saya sebaiknya diperdalam bahasan mengenai variabel penelitiannya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas saran dan masukannya, akan saya perbaiki.

    BalasHapus