A. Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuannya
1.
Penelitian Dasar
Peneltian ini bertujuan untuk mengecek prinsip-prinsip atau
pernyataan (preposisi-preposisi) umum, dan menambah isi himpunan pengetahuan
mengenai suatu gejala. Tujuan akhirnya adalah menghasilkan teori.
2.
Penelitian Terapan
Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian hanya terbatas pada masalah yang
menjadi objek penelitian saja dan tidak bisa diterapkan pada pada permasalahan
yang lebih luas.
3.
Penelitian Evaluasi
Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian
terapan yang bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan hasil karya
atau menilai suatu kegiatan berdasarkan tolok ukurnya yaitu membandingkannya
dengan tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan.
4.
Penelitian Pengembangan
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pola-pola dan
urutan perkembangan dan pertumbuhan, seta bagaimana variabel berhubungan satu
dengan lainnya dan mempengaruhi sifat-sifat pertumbuhan dan perkembangan
tersebut.
5.
Penelitian Tindakan
Penelitian tindakan bertujuan untuk memperoleh perubahan
dalam situasi tertentu dengan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan
tindakan secara kolabortif dan partisipatif, dengan harapan dapat memecahkan
masalah yang dihadapi. Penelitian ini menitikberatkan pada suatu kasus tertentu
untuk keperluan pemecahan masalah dan menggunakan teknik pemecahan masalah
secara objektif dan sistematis, bukan secara subjektif atau sesuai selera
peneliti. Hasil peneltian ini tidak perlu untuk pengembangan ilmu.
B. Jenis Penelitian Berdasarkan Metodenya
1.
Penelitian Historis
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peristiwa-peristiwa
yang telah terjadi dengan merekonstruksi dan mengaktualisasikan kembali
peristiwa dan perkembangan masyarakat yang terjadi pada masa lampau. Penelitian
historis merupakan penelitian terhadap sumber sehingga perlu adanya kritik
sumber baik ekstern maupun intern, dan intepretasi terkait dengan prinsip sebab
akibat serta aspek ruang dan waktu.
2.
Penelitian Survey
Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu generalisasi
dari suatu pengamatan terbatas menjadi kesimpulan yang berlaku secara umum bagi
populasi. Penelitian ini digunakan untuk tujuan deskriptif, eksplanatori, dan
eksploratori. Secara umum, karakteristik penelitian ini yaitu bersifat
sistemik, impartial, representatif, dan kontemporer.
3.
Penelitian Perkembangan
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pola dan urutan
perkembangan dan atau perubahan seiring perubahan waktu.Penelitian ini terpusat
pada studi mengenai variable-variabel dan perubahannya dalam periode tertentu.
4.
Penelitian Kasus dan Lapangan
Penelitian ini merupakan penyelidikan mendalam terhadap
suautu unit sosial tertentu (individu, kelompok, lembaga atau komunitas)
sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambaran yang teroganisir dengan baik dan
lengkap mengenai unit sosial tersebut. Penelitian ini menyelidiki banyak
variabel pada sampel yang kecil dan berbeda dengan penelitian survey yang
menggunkan sedikit variabel pada sampel yang besar.
5.
Penelitian Korelasional
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana
variasi pada satu variable berkaitan dengan variasi pada satu atau lebih
variabel lain berdarkan koefisien korelasi. Penelitian ini sangat cocok apabila
variabel-variabel yang digunakan sangat kompleks, tidak dapat diteliti dengan
metode eksperimentasi atau variasinya tidak dapat dikendalikan.
6.
Penelitian Kausal Komparatif
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang
mendahului atau yang diperkirakan sebagai penyebab bagi peristiwa yang telah
terjadi. Penelitian ini menggunakan logika dasar yang sama dengan penelitian
eksperimen yaitu jika X maka Y, tetapi dalam penelitian ini tidak ada
manipulasi langsung terhadap variabel independen.
7.
Penelitian Eksperimen Murni
Penelitian itu merupakan penelitian yang memanipulasi
(mengatur, merekayasa) atau mengontrol (mengendalikan) situasi ilmiah menjadi
situasi artifisial (buatan) sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini
memungkinkan peneliti mengambil kesimpulan adanya hubungan sebab akibat
diantara variabel-variabel yang sifatnya empirik (tidak hanya berdasarkan
penalaran dan logika saja) dan lebih valid dibanding dengan yang diperoleh oleh
metode apapun.
8.
Penelitian Eksperimen Semu atau
Quasi-Eksperimen
Penelitian ini hampir mirip dengan penelitian eksperimen
murni, karena tidak semua variabel yang relevan dapat dimanipulasi dan
dikendalikan atau dikontrol. Penelitian ini menggunakan metode kontrol parsial
yang berdasarkan pada identifikasi yang seksama terhadap faktor-faktor yang dicurigai
akan mempengaruhi validitas internal dan eksternalnya.
9.
Penelitian Tindakan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
keterampilan-keterampilan baru atau pendekatan baru dan untuk memecahkan
masalah dengan menerapkan langsung pada kondisi aktual.
10.
Penelitian Grounded
Penelitian ini tidak bertolak dari teori melainkan
berdasarkan data-data faktual. Data-data tersebut kemudian diproses dengan
menggunakan metode berpikir induktif menjadi sebuah teori. Dengan kata lain
penelitian ini menekankan pada lahirnya teori berdasarkan data empiris dan
realitas sosial.
11.
Penelitian Inkuiri Alamiah
Penelitian ini dugunakan untuk memperoleh informasi
mengenai orang dengan mengamati dan mewawancarai mereka dalam llingkungan
alamiahnya atau lingkungan sewajarnya serta menelaah latar belakang sosial,
alam dan peristiwa-peristiwa yang melukiskan riwayat hidupnya. Ciri utama
penelitian ini yaitu adanya upaya untuk meniadakan penyimpangan (bias) seperti
yang biasa terjadi dalam penelitian eksperimen dan survey, adanya campur tangan
peneliti yang sengaja menciptakan situasi penelitian secara artifisial.
12.
Studi Eksploratif
Penelitian ini bbertujuan untuk menggali atau
mengeksplorasi ilmu, pengetahuan baru, atau pengetahuan yang belum diketahui
orang. Dalam penelitian ini tidak ada prinsip atau teori yang akan diuji benar
tidaknya ataupun berlaku tidaknya, dengan kata lain tidak ada hipotesis teoritik
yang akan diuji kebenarannya.
13.
Studi Literer atau Analisis Data Sekunder
Dalam penelitian ini tidak ada proses pengumpulan data,
data yang dianalisis adalah data yang telah ada atau tersedia dari suatu
pengumpulan data atau diperoleh dari hasil penelitian atau observasi.
14.
Analisis Meta
Dalam penelitian ini peneliti tidak harus melakukan
penelitian langsung, melainkan peneliti hanya menganalisis hasil-hasil
penelitian yang ada dan melaporkan hasil kajian mereka. Sedangkan untuk
analisis datanya mengunakan salah satu dari analisis statistik atau analisis
deskriptif.
15.
Analisis Konten
Penelitian ini bertujua untuk menggali isi atau makna pesan
simbolik dalam bentuk dokumen, lukisan, tarian, lagu, karya sastra, artikel,
dan sebagainya yang berupa data tak berstruktur. Penelitian ini terdiri atas
analisis konten deskriptif untuk mengungkap isi, dan analisis konten
inferensial untuk mengungkap makna.
C. Jenis Penelitian Berasarkan Taraf Pemberian
Informasi atau Taraf Ekplanasi
1.
Penelitian Deskriptif (Pembenaran)
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang gejala yang diteliti,
namun taraf penjelasannya tergolong paling rendah karena penelitian ini tidak
sampai pada taraf menjelaskan sebab-akibat melainkan hanya menggambarkan
ciri-ciri dari gejala yang diteliti. Variabel yang dalam penelitian ini adalah
variabel tunggal.
2.
Penelitian Asosiatif (Hubungan)
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan dua variabel atau
lebih tetapi tidak bisa memberikan bukti yang dapat menjelaskan variabel atau
variabel-variabel mana yang merupakan variabel penyebab dan mana yang merupakan
variabel akibat.
3.
Penelitian Kausal
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan secara konkrit
(eksplisit) tentang variabel atau variabel-variabel mana yang merupakan
variabel akibat dan mana yang merupakan variabel pendukung terjadinya hubungan
sebab akibat.
D. Jenis Penelitian Berdasarkan Jenis Data
1.
Penelitian Kuantitatif
Penelitan ini menggunakan data kuantitatif yaitu yang berupa angka-angka
atau simbol-simbol matematik atau data kualitatif yang diangkakan.
2.
Penelitian Kualitatif
Penelitian
ini menggunakan data kualitatif yaitu pernyataan-pernyataan tafsiran, kata,
kalimat, skema, gambar, tanggapan-tanggapan lisan harfiah, tanggapan-tanggapan
nonverbal, dan grafik-grafik.
SUMBER :
Wagiran.
(2013). Metodologi Penelitian Pendidikan:
Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish
BalasHapusThanks ya. Kunjungi juga ya CARA DOUNLOWD JURNAL PENELITIAN GRATISSS