Pages

Senin, 28 September 2015

Bagan Kesenjangan antara Kenyataan dan Harapan Dalam Pembelajaran Matematika

 1.       Pandangan Siswa terhadap Matematika

Kenyataan
Harapan
Solusi
Ø  Siswa tidak  tertarik belajar matematika

Ø  Siswa kurang  memiliki minat untuk belajar matematika

Ø  Siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar matematika

Ø  Siswa menganggap matematika sulit


Ø  Siswa merasa belajar matematika tidak menyenangkan

Ø  Siswa tertarik belajar matematika

Ø  Siswa memiliki minat yang tinggi untuk belajar matematika

Ø  Siswa memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar matematika

Ø  Siswa menganggap matetatika mudah untuk dipelajari

Ø  Siswa merasa menyenangkan untuk belajar matematika
Ø  Guru menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika.

Ø  Guru membawakan materi dengan cara yang interaktif, menarik, dan menyenangkan.

2.       Motivasi Guru dalam Mengajar

Kenyataan
Harapan
Solusi
Ø  Guru mengajar hanya demi memenuhi kebutuhan ekonomi

Ø  Guru mengajar hanya untuk memenuhi tuntutan jumlah jam mengajar

Ø  Guru mengajar hanya sekedar untuk melaksanakan tugas

Ø  Guru mengajar karena terpaksa

Ø  Guru mengajar bukan demi memenuhi kebutuhan ekonomi

Ø  Guru mengajar bukan untuk memenuhi tuntutan jumlah jam mengajar

Ø  Guru mengajar bukan sekedar untuk melaksanakan tugas

Ø  Guru mengajar bukan karena terpaksa

Ø  Guru mengikuti pelatihan guru yang menfokuskan pada peningkatan motivasi guru dalam mengajar



3.       Peranan Orang Tua  dalam Mendukung Belajar Siswa

Kenyataan
Harapan
Solusi
Ø  Orang tua kurang berkomunikasi dengan siswa terkait belajar siswa

Ø  Orang tua kurang peka terhadap kebutuhan belajar siswa

Ø  Orang tua terlalu banyak menuntut kepada siswa tanpa memahami kondisi dan perkembangan siswa dalam belajar

Ø  Orang tua kurang menyediakan waktunya bagi siswa

Ø  Komunikasi antara orang tua dan siwa baik, khususnya terkait belajar siswa

Ø  Orang tua peka terhadap kebutuhan belajar siswa


Ø  Memahami kondisi dan perkembangan siswa dalam belajar


Ø  Orang tua menyediakan waktu yang cukup bagi siswa
Ø  Orang tua harus membangun dan menumbuhkan sikap keterbukaan pada siswa melalui cara berkomunikasi yang baik dan intens dengan siswa

Ø  Orang tua harus lebih memahami dan peka terhadap kondisi dan perkembangan belajar siswa

Ø  Orang tua harus lebih banyak menyediakan waktu untuk siswa


0 komentar:

Posting Komentar