1. Pandangan Siswa terhadap Matematika
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Ø
Siswa tidak tertarik belajar matematika
Ø
Siswa kurang memiliki minat untuk belajar matematika
Ø
Siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar
matematika
Ø
Siswa menganggap matematika sulit
Ø
Siswa merasa belajar matematika tidak
menyenangkan
|
Ø
Siswa tertarik belajar matematika
Ø
Siswa memiliki minat yang tinggi untuk belajar
matematika
Ø
Siswa memiliki motivasi yang tinggi untuk
belajar matematika
Ø
Siswa menganggap matetatika mudah untuk
dipelajari
Ø
Siswa merasa menyenangkan untuk belajar
matematika
|
Ø
Guru menggunakan pendekatan kontekstual dalam
pembelajaran matematika.
Ø
Guru membawakan materi dengan cara yang
interaktif, menarik, dan menyenangkan.
|
2. Motivasi Guru dalam Mengajar
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Ø
Guru mengajar hanya demi memenuhi kebutuhan
ekonomi
Ø
Guru mengajar hanya untuk memenuhi tuntutan
jumlah jam mengajar
Ø
Guru mengajar hanya sekedar untuk melaksanakan
tugas
Ø
Guru mengajar karena terpaksa
|
Ø
Guru mengajar bukan demi memenuhi kebutuhan
ekonomi
Ø
Guru mengajar bukan untuk memenuhi tuntutan
jumlah jam mengajar
Ø
Guru mengajar bukan sekedar untuk melaksanakan
tugas
Ø
Guru mengajar bukan karena terpaksa
|
Ø
Guru mengikuti pelatihan guru yang menfokuskan
pada peningkatan motivasi guru dalam mengajar
|
3. Peranan Orang Tua dalam Mendukung Belajar Siswa
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Ø
Orang tua kurang berkomunikasi dengan siswa
terkait belajar siswa
Ø
Orang tua kurang peka terhadap kebutuhan
belajar siswa
Ø
Orang tua terlalu banyak menuntut kepada siswa
tanpa memahami kondisi dan perkembangan siswa dalam belajar
Ø
Orang tua kurang menyediakan waktunya bagi siswa
|
Ø
Komunikasi antara orang tua dan siwa baik,
khususnya terkait belajar siswa
Ø
Orang tua peka terhadap kebutuhan belajar
siswa
Ø
Memahami kondisi dan perkembangan siswa dalam
belajar
Ø
Orang tua menyediakan waktu yang cukup bagi
siswa
|
Ø
Orang tua harus membangun dan menumbuhkan sikap
keterbukaan pada siswa melalui cara berkomunikasi yang baik dan intens dengan
siswa
Ø
Orang tua harus lebih memahami dan peka
terhadap kondisi dan perkembangan belajar siswa
Ø Orang tua harus lebih banyak menyediakan waktu untuk siswa
|
0 komentar:
Posting Komentar