Pages

Senin, 14 September 2015

Refleksi Kuliah Filsafat Ilmu (Pertemuan Perdana)

Kuliah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 8 September 2015, di kelas PM A ruang 305B gedung Pascasarjana Lama Universitas Negeri Yogyakarta, pukul 11.10-12.50 WIB. Dosen pengampu Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Filsafat adalah olah pikir yang mencakup sumber-sumber pikir, cara pembenaran, logika, cakupan, objek, metodologi, tata cara, etik, estetika, menurut siapa, kapan dan dimana. Filsafat terdiri atas tiga aspek yaitu Ontologi, Epistemologi, dan Estetika. Ontologi adalah hakekatnya, epistemologi adalah metodologinya, dan estetika adalah kepantasan atau benar dan salahnya atau baik dan buruknya. Filsafat ilmu lebih cenderung pada aspek epistemologinya atau metodologinya, namun mempelajari salah satunya secara tidak langsung mempelajari juga aspek yang lainnya karena ketiga aspek tersebut saling bergantung dan tidak terpisahkan.

Belajar filsafat ilmu mencakup mulai dari hal yang kelihatan sampai tidak kelihatan, yang ada dan yang mungkin ada, bahkan sampai pada spiritualitas yang merupakan setinggi-tingginya ilmu. Filsafat adalah dasar dari filsafat ilmu maka mempelajari filsafat adalah mempelajari filsafat ilmu. Filsafat yang adalah olah pikir memilki cakupan yang sangat luas, karena itu dalam mempelajarinya diperlukan koridor berpikir yang paling tinggi, membawahi, dan mendasari yaitu spiritualitas. Koridor spiritualitas yang dimaksud adalah koridor spiritualitas masing-masing orang tergantung pada keyakinannya.

Agar dapat mempelajari filsafat maka sesuai dengan koridor berpikir yang telah ditentukan kita harus mengokohkan dan menegakan spritualitas kita terlebih dahulu. Selanjutnya seiring dengan mempelajari filsafat kita juga harus mematangkan dan memantapkan diri dari aspek psikologis yaitu kesabaran, ketelatenan, keuletan, daya juang, dan sebagainya serta dari aspek psikologi belajar orang dewasa yaitu sikap bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.

Sebagai catatan agar suskses dalam perkuliahan filsafat ilmu ini maka perlu  untuk memperbarui niat dan niatkan diri, mensinergikan niat dengan tindakan, menambahkan dan membangun ilmu dengan membaca dan merefleksikannya, serta mencari keterampilan untuk memperoleh pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar