Masalah-masalah pembelajaran matematika
dapat dilihat dari sisi : guru, siswa, kepala sekolah, dinas pendidikan, orang
tua, lingkungan, matematika, dan pembelajaran matematika.
a. Guru
a. Guru
- Kurikulum yang diberlakukan pemerintah (bahan ajar, pembelajaran, penilaian yang masih kurang).
- Kepribadian (kompetensi) guru dalam pembelajaran, termasuk penguasaan materi.
- Adanya sertifikasi guru, apakah meningkatkan kinerja guru ?
- Ekonomi guru, niatnya bukan karena panggilan nurani, namun untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.
- Pemilihan dan penggunaan media yang dapat menunjang pembelajaran efektif dan efisien.
- Manajemen waktu agar pembelajaran efektif dan efisien.
- Menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk belajar matematika
- Ketertarikan siswa terhadap guru
- Pembelajaran guru yang dianggap monoton
- Matematika dianggap sulit
- Belum memahami materi prasyarat sehingga kesulitan memahami materi berikutnya.
- Fasilitas yang dimilliki siswa
- Jadwal belajar di sekolah
- Daya juang rendah, malas, kurang tertarik terhadap matematika karena tidak sesuai dengan cita-cita
- Kecemasan saat ujian
- Kondisi tubuh
- Kurang memonitor karena jadwal yang padat
- Kurangnya kemampuan bersosialisasi, tergantung dari cara perekrutan
- Pengetahuan IT
- Rekruit kepala sekolah (kedekatan emosi)
- Kurangnya pelatihan
- Niat kepala sekolah karena ekonomi dan status sosial
- Pengelolaan dana kurang optimal
- Manajemen yang masih kurang
- Penelitian yang diselenggarakan dinas pendidikan tidak merata
- Kurang memonitoring, hanya sekedar melaksanakan tugas
- Pemerataan dana pendidikan
- Dana pemerintah tidak 100% diterima, daya serap 100% tetapi tidak sesuai dengan pelaksanaan
- Biaya pendidikan
- Fasilitas untuk belajar siswa
- Wawasan orang tua
- Tuntutan, hanya menuntut tanpa memahami kondisi anak
- Komunikasi
- Ketersediaan waktu yang kurang karena kesibukan
- Kepekaan terhadap kebutuhan siswa
- Keteladanan
- Pola asuh
- Kurangnya sarana dan prasarana
- Suasana akademis yang tidak kondusif
- Konteks soal tidak sesuai dengan yang dihadapi siswa
- Sifatnya simbolik/abstrak/tidak kontekstual
- Materi padat, cenderung menghafal
- Konsepnya, belum diketahui manfaatnya
- Tingkat kesulitan
- Langsung
- Apersepsi
- Belum didukung media
- Belum didukung perangkat (RPP, buku ajar, LKS/Modul, penilaian)
- Evaluasi terhadap pembelajaran, sudah dilakukan?
0 komentar:
Posting Komentar