Pages

Selasa, 22 September 2015

Masalah-Masalah Pembelajaran Matematika


Masalah-masalah pembelajaran matematika dapat dilihat dari sisi : guru, siswa, kepala sekolah, dinas pendidikan, orang tua, lingkungan, matematika, dan pembelajaran matematika.

a. Guru
  1. Kurikulum yang diberlakukan pemerintah (bahan ajar, pembelajaran, penilaian yang masih kurang).
  2. Kepribadian (kompetensi) guru dalam pembelajaran, termasuk penguasaan materi.
  3. Adanya sertifikasi guru, apakah meningkatkan kinerja guru ?
  4. Ekonomi guru, niatnya bukan karena panggilan nurani, namun untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.
  5. Pemilihan dan penggunaan media yang dapat menunjang pembelajaran efektif dan efisien.
  6. Manajemen waktu agar pembelajaran efektif dan efisien.
  7. Menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk belajar matematika
b. Siswa
  1. Ketertarikan siswa terhadap guru
  2. Pembelajaran guru yang dianggap monoton
  3. Matematika dianggap sulit
  4. Belum memahami materi prasyarat sehingga kesulitan memahami materi berikutnya.
  5. Fasilitas yang dimilliki siswa
  6. Jadwal belajar di sekolah
  7. Daya juang rendah, malas, kurang tertarik terhadap matematika karena tidak sesuai dengan  cita-cita
  8. Kecemasan saat ujian
  9. Kondisi tubuh
c. Kepala Sekolah
  1. Kurang memonitor karena jadwal yang padat
  2. Kurangnya kemampuan bersosialisasi, tergantung dari cara perekrutan
  3. Pengetahuan IT
  4. Rekruit kepala sekolah (kedekatan emosi)
  5. Kurangnya pelatihan
  6. Niat kepala sekolah karena ekonomi dan status sosial
  7. Pengelolaan dana kurang optimal
  8.  Manajemen yang masih kurang
d. Dinas Pendidikan
  1. Penelitian yang diselenggarakan dinas pendidikan tidak merata
  2. Kurang memonitoring, hanya sekedar melaksanakan tugas
  3. Pemerataan dana pendidikan
  4. Dana pemerintah tidak 100% diterima, daya serap 100% tetapi tidak sesuai dengan  pelaksanaan
e. Orang Tua
  1. Biaya pendidikan
  2. Fasilitas untuk belajar siswa
  3. Wawasan orang tua
  4. Tuntutan, hanya menuntut tanpa memahami kondisi anak
  5. Komunikasi
  6. Ketersediaan waktu yang kurang karena kesibukan
  7. Kepekaan terhadap kebutuhan siswa
  8. Keteladanan
  9. Pola asuh
f. Lingkungan
  1. Kurangnya sarana dan prasarana
  2. Suasana akademis yang tidak kondusif
q. Matematika
  1. Konteks soal tidak sesuai dengan yang dihadapi siswa
  2. Sifatnya simbolik/abstrak/tidak kontekstual
  3. Materi padat, cenderung menghafal
  4. Konsepnya, belum diketahui manfaatnya
  5. Tingkat kesulitan
h. Pembelajaran Matematika
  1. Langsung
  2. Apersepsi
  3. Belum didukung media
  4. Belum didukung perangkat (RPP, buku ajar, LKS/Modul, penilaian)
  5. Evaluasi terhadap pembelajaran, sudah dilakukan?




0 komentar:

Posting Komentar