Pages

Selasa, 24 November 2015

TEKNIK SAMPLING

Teknik sampling merupakan teknik pengambilan sampel. Dalam penelitian, teknik pengambilan sampel terdiri atas dua kelompok yaitu probability sampling dan nonprobability sampling.

A.      Nonprobability Sampling
Nonprobability sampling adalah kelompok teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota suatu populasi untuk dipilih menjadi sampel. Sampel ditentukan dan dipilih secara langsung oleh peneliti. 

1.  Convenience Sampling, merupakan teknik pengambilan sampel dimana sampel yang dipilih adalah sampel yang berasal dari populasi yang mudah diakses.
2.  Snowball Sampling, merupakan teknik penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudiam membesar. Misalnya dalam penetuan sampel pertama-tama dipilih satu atau dua orang, tetapi karena dengan dua orang ini belum merasa lengkap terhadap data yang diberikan, maka peneliti mencarai orang lain yang dipandang lebih tahu dan dapat melengkapi data yang diberikan oleh dua orang sebelumnya. Begitu seterusnya, sehingga jumlah sampel semakin banyak.
3.    Purpose Sampling, merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel ini lebih cocok untuk penelitian kualitatif, atau penelitian-penelitian yang tidak melakukan generalisasi.

B.      Probability Sampling
Probability sampling merupakan kelompok teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota suatu populasi untuk dipilih menjadi sampel.

1.   Simple Random Sampling, merupakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi suatu populasi. Teknik ini dapat diterapkan pada populasi yang anggotanya homogen.
2.  Sistematic Sampling, merupakan teknik pengambilan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut.
3.  Cluster Sampling, merupakan teknik pengambilan sampel dari grup unit sampel yang saling berdekatan. Sumber data yang akan diambil sebagai sampel sangat luas seperti penduduk suatu negara, propinsi atau kabupaten.
4.   Stratified Sampling, merupakan teknik pengambilan sampel dari suatu populasi yang berstrata atau bertingkat. Misalnya populasinya adalah seluruh siswa baik SD, SMP maupun SMA.
5.   Multi-Stage Sampling, merupakan teknik pengambilan sample dari suatu populasi yang terdiri dari berbagao stage, dimana sampel yang dipilih memiliki karakteristik yang dapat mewakili keseluruhan karakteristik populasinya.

2 komentar:

  1. Bagaimana cara mencari sampel lain seperti keterangan yang anda jelaskan dalam snowball sampling?

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas masukannya, akan saya perbaiki.

    BalasHapus